3 Jul 2016

Aneh,Unik & Seni


Bagi kawan lain yang menggunakan nama samaran yang adopsi dari orang terkenal didunia yang menginspirasi dan atau merasa terkesan dengan apa yang mereka lakukan atau apa yang mereka berjuang, tapi bagi saya justru tidak, Methu dan Cs, dua istilah yang berbedah kemudian disatukan seakan2 nama sesunggunya.

banyak orang biasa pangil saya, Methu, tidak banyak yang lain panggil Cs, tapi lebih banyak yang justru bertanya apa itu Cs ??misalnya  Mando panggil  Methu dan  Wenas Panggil Cs dan Alfrid Jutru tanya Cs itu Apa..?  diakui bahwa, Methu dan Cs memang bukan nama sebenarnya, tapi nama samaran yang terkesan nama sesunggunya. 

Methu.?

"siang itu saya, tidak betah di kost, saya  jalan-jalan disalah satu taman dikota bandung, sampai disana tampak dua orang barat sedang santai sambil abadikan foto pemandangan ditempat itu, saya menyapa kedua orang bule tersebut, berdua tanya saya, mulai dari nama dan Asal, setelah saya jelasakan berdua menyebut namaku dengan gayah bahasa inggris, Methu, katanya sembari memandangku.

penasaran dengan penyebutan nama asli dengan gaya bahasa inggiris, tidak lama tempat itu.  pulang ke rumah kost, saya buka laptop yang letakan diatas  meja belajar, saya sambungkan internet dari hp nokia Xpres musick ke laptop melalui aplikasi "nokia Pc Suite" setelah konet internet, saya buka facebook, nama facebook rubah jadi Methu Badii dari nama akun sebelumnya "Yumai Badii" setelah itu tidak pernah rubah nama akun facebook.

Cs.?
suatu ketika pagi itu, saya pergi  kampus, sambil menuggu dosen, saya buka laptop untuk siapkan materi presentase mata kuliah "Ilmu budaya dasar"sambil siapakan materi terseut. sambungkan internet dengan wifi kampus"wifiunpasbandug.id" sebelum buka google, saya buka facebook, pertama muncul sebuah berita tentang "TabuniCs Turun Gunung" berita tersebut debat rameh di forum facebook,saya segera buka link berita  yang muat salah satu media online dipapua. saya baca habis berita tersebut, tapi saya bingun dengan kata Cs dijudul berita terseut. 

saya mulai bertanya, apa kata Cs.? saya buka KBI online dan mulai searcing Cs tapi hasilnya blank, tidak bisa uraikan dalam kamus tersebut. saya mendatangi teman kampus, namanya Hanif, dia orang asli bandung, ketika ditanya dia juga agak bingun,  tapi dia berusaha putar otak, dia jelaskan, Cs itu  sebutan sejumlah orang, dalam bahasa indonesia biasa katakan dkk (dan kawan-kawan) atau bisa disingkat dengan Cs. misalnya, Hanif Dkk atau MethuCs kata dia, kedua istilah ini sebenarnya sama artinya tapi tergantung kita mau gunakan yang mana dan dalam situasi apa, katanya.

itu sebabnya saya gunakan nama akun facebook "Methu ditambah dengan Cs" tidak hanya gunakan akun fb saja, saya juga buka website pribadi dengan nama link www.methuCs.blogsopot.co.id dengan slogan "Aneh, Unik & Seni

Aneh.?

pada  hari sabtu 2 juli 2016, saya update status facebook "di jawa kita demo, dipapua juga kita akan demo, demo sampai di surga" kebanyakan teman like status tersebut, tidak banyak yang lain komentar, sedikit orang yang lain protes "waee..jangan bikin aneh-aneh" satu dari sekian komentar status fb tersebut. ya, kita bikin yang aneh-aneh to, balasku. komentar lain berbunyi "waee..disurga itu trada demo2, yang ada hanya pujian dan penyembahan" ya, anak sekolah minggu juga tau soal itu,  kataku menanggapi komentar tersebut.

kedua teman kawan  menilai status fb saya  aneh tapi  bagimana koentar berdua tentang perkataan Tokoh Papua, Alm "Dortheys Hiyo Eluay"Kalau saya mati pasti saya masuk surga, kalau disurga ada orang Indonesia maka saya akan lari. Jika malaikat Tuhan tanya kenapa lari? Saya akan menjawab saya takut Indonesia jajah kami disurga lagi"soalnya pernyataan saya dan perkatan tuan Theys adalah hampir sama.

Unik.?

kita harus bikin yang aneh tapi yang masuk akal, kita lakukan yang orang lain tidak biasa lakukan, pikir yang orang lain tidak biasa pikir,anda pernah bacakah atau tidak, sebuah Artikle dengan topik"10 kisah unik Ir Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan  Indonesia"salah satu unik yang beliau lakukan pada saat proklamasih kemerdekaan, bendera merah putih dia buat dari kain sprei tempat tidur dan warna merahnya dari kain tukang soto

Senih.?

untuk menciptakan hal baru, tidak mudah tapi butuh  karya  khusus, bagi  orang lain merasa aneh dan tidak masuk akal namun bisa meyakinkan, bikin  hal yang orang lain merasa unik, agar tercipta nilai senih dalam hidup "bikin yang aneh dan unik tapi senih"itulah filosofi MethuCs, salam Cs.


Penulis Methu Cs Badii